Pengertian Administrasi

Selamat pagi sobat, semoga hari kalian menyenangkan yaa 🙂 Pagi ini kami akan mengajak sobat untuk mengulas Pengertian Administrasi, Ciri-ciri Administrasi, Fungsi Administrasi dan Jenis-jenis Administrasi.

Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.

Jika diartikan secara sempit atau khusus, administrasi diartikan sebagai kegiatan yang catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Secara lebih luas, administrasi diartikan sebagai seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

1. Arthur Grager

Arthur grager menyatakan bahwa administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

2. Bachsan Mustafa, SH

Administrasi Negara menurut Bachsan Mustafa, SH adalah kombinasi dari posisi – posisi yang dibentuk dan diatur bertingkat dipercayakan kepada tubuh – membuat badan hukum – hukum dan badan – badan kehakuman.

3. FX.Soedjadi

Definisi Administrasi adalah kegiatan prosedur usahakantor (catatan, mengetik, menggandakan, dan sebagainya).

4. George Terry

George Terry berpendapat bahwa administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5. John M. Pfiffer dan Robert V

Administrasi negara menurut John M. Pfiffer dan Robert V adalah proses yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan – kebijakan pemerintah, keterampilan bimbingan dan teknik – teknik yang tidak terbatas jumlahnya, memberikan arah dan tujuan untuk mencoba sejumlah orang.

6. Leonard D. White (1958)

Definisi Administrasi menurut Leonard D. White adalah proses yang umum di semua upaya kelompok di kedua perusahaan publik atau swasta.

7. Munawardi Reksohadiprowiro

Pengertian administrasi “dalam arti sempit” menurut Munawardi Reksohadiprowiro berarti pemerintahan, termasuk pengaturan setiap rapi dan sistematis serta penentuan fakta dan ditulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang komprehensif dan keterkaitan antara fakta dengan fakta lain.

8. M/E Dimock Dan G.O Dimock

Administrasi Negara adalah bagian dari administrasi publik yang memiliki bidang yang lebih luas, yang merupakan studi tentang bagaimana lembaga – lembaga mulai dari keluarga untuk percaya bangsa – bangsa disusun, digerakkan dan dikemudikan.

9. Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdjo

Menurut pandangan Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdjo, Administrasi Negara melakukan fungsi bantuan pemerintah berarti pemerintah (pejabat) tidak dapat memenuhi tugas – tugas tanpa administrasi Negara.

10. Simon

Administrasi menurut Simon adalah kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tugas bersama-sama.

11. Sondang P. Siagian

Sondang P.Siagian menjelaskan bahwa administrasi adalah keseluruhan dari proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan dari atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

12. Soewarno Handayaningrat

Berdasarkan pandangan Soewarno Handayaningrat Administrasi merupakan kegiatan yang meliputi catatan, korespondensi, pembukuan ringan, keti-mengetik, sehingga agenda teknis dan administratif.

13. The Liang Gie

Menurut The Liang Gie, definisi administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kemitraan untuk mencapai tujuan tertentu.

14. Ulbert

Administrasi secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh. Sedangkan pengertian administrasi dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha.

15. William Leffingwell dan Edwin Robinson

Definisi administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

16. Wijana

Menurut Wijana, Administrasi merupakan “kombinasi dari semua Negara biaya rendah dan tinggi menjalankan pemerintahan dan polisi pelakanaan.

17. WH EVANS

Definisi Administrasi adalah fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan arah semua tahap operasi perusahaan dalam bahan pengolahan informasi, komunikasi, dan memori organisasi.

18. Wilson 1987

Wilson menurutkan bahwa administrasi sebagai ilmu. Pemikiran tentang kepemimpinan resmi supremasi politik birokrasi yang timbul dari perbedaan antara fungsi politik dan administrasi, dan asumsi tentang superioritas fungsi – fungsi administrasi politik. Klasik slogan yang pernah ditawarkan ketika fungsi politik berakhir fungsi administrasi itu mulai, ketika akhir politik, administrasi – Wilson 1941.

Ciri-Ciri Administrasi

Ciri-ciri dari administrasi diantaranya :

  • Adanya kelompok manusia yang terdiri dari dua orang atau dengan lebih
  • Adanya kerja sama
  • Terdapat proses atau usaha
  • Terdapat bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
  • Memiliki tujuan.

Baca juga : Pengertian Wakaf Lengkap | Syarat, Rukun, Macam-macam, Tujuan dan Fungsi

Fungsi Administrasi

Fungsi administrasi diantaranya adalah sebagai :

1. Planning (Perencanaan)

Planning atau peencanaan adalah penyusun perencanaan memerlukan kegiatan adminitrasi, seperti pengumpulandata, pengolahan data, penyusunan perencanaan.

2. Organizing (pengorganisasian)

Organizing atau kegiatan pengorganisasian adalah aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja anatara orang-orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.

3. Staffing

Staffing merupakan salah satu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada suatu organiasik mulai dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi daya guna yang maksimal kepada organisasi.

4. Directing (pengarahan atau bimbingan)

Pengarahan atau bimbingan adalah fungsi manajemen yang berhubungan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju dari yang telah ditetapkan semula.

5. Coordinating

Coordinating adalah sebagian dari fungsi manajemen untuk melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan baik dengan menghindari terjadinya kekacauan, percekcoka, kekosongan kegiatan yang dilakukan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi.

6. Reporting

Reporting adalah fungsi manajemen yang berada pada penyampaian perkembangan atau hasil dari kegaitan dengan pemberian keterangaan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan maupun tulisan sehingga dalam menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelakasanaan tugas orang yang memberi laporan.

7. Budgeting

Budgeting adalah fungsi administrasi sebagai suatu kegaitan yang mengelola dan perencanaan yang berkelanjutan mengenai keuangan atau anggaran.

Jenis-jenis Administrasi

Adapun jenis-jenis dari administrasi adalah sebagai berikut :

  • Administrasi kependudukan
  • Administrasi keuangan
  • Administrasi lingkungan hidup
  • Administrasi negara
  • Administrasi niaga
  • Administrasi pembangunan
  • Administrasi pendidikan
  • Administrasi publik

Baca juga : Pengertian RAM dan Jenis-Jenis RAM Lengkap !

Demikian penjelasan tentang Definisi Administrasi, Ciri-ciri Administrasi, Fungsi Administrasi dan Jenis-jenis Administrasi. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat memperluas wawasan sobat tentang administrasi yaa 🙂 Simak terus artikel di Sumberpengertian.com karena kami akan mengulaskannya untuk sobat setiap harinya.